Buya Prof Dr HAMKA: Ulama Pejuang, Politisi Sejati dan Pujangga Terkemuka

BUYA HAMKA adalah potret ulama kharismatik, politisi sejati dan pujangga terkemuka yang memilih berkiprah dalam perjuangan pembentukan karakter ummat dan bangsa.

cover-e-book-buya-hamka.jpg

Buya Hamka bukan sosok ulama istana, beliau adalah ulama pejuang yang berhasil menjadi peletak dasar kebangkitan komunitas islam modern atau kaum gedongan di Ibukota lewat icon al azhar yang pada akhirnya berhasil pula melebarkan sayap sebagai lembaga pendidikan modernis dan agamis.

Sebagai politisi buya hamka patut menjadi teladan, Pandangan dan keyakinannya senantiasa lurus – lurus saja memperjuangkan aspirasi ummat, beliau bersama tokoh-tokoh Masyumi lainnya adalah para pejuang Islam yang gigih dalam mengajukan konsep-konsep Islam, secara ilmiah dan argumentatif. Tetapi, juga konsisten dalam memegang teguh aturan main secara konstitusional. Ketika perjuangan melalui jalur partai politik terganjal, buya hamka dan para tokoh Masyumi memilih hijrah dengan menempuh jalur dakwah di masyarakat, masjid, pesantren, dan perguruan tinggi. Karena sesungguhnya dakwah adalah laksana air yang mengalir, tidak boleh berhenti, dan tidak bisa dibendung.

Sikap Istiqomah menjadi garda terdepan walau harus menghadapi tangan – tangan besi kekuasaan yang terbukti berhasil menjebloskannya ke penjara.

Penjara badaniah tak sekalipun kuasa memenjarakan kebesaran jiwa seorang hamka yang tetap merdeka, sejarah pula yang akhirnya mencatat bahwa dari dalam penjara lahir karya terbesar buya hamka yang membuatnya dikenal hingga ke mancanegara, Tafsir Al Azhar adalah satu – satunya Tafsir Al Qur’an yang ditulis oleh ulama melayu dengan gaya bahasa yang khas dan mudah dicerna.

Bukan Sekedar itu karya sastra buah penanya tak kalah hebatnya, beberapa novelnya seperti Dibawah Lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wickj , Merantau ke Deli dan banyak karya – karya beliau ternyata tidak hanya dipublikasikan oleh penerbit nasional sekelas Balai Pustaka dan Pustaka Bulan Bintang melainkan juga diterbitkan di beberapa negara asia tenggara bahkan di release juga diberbagai situs, blog dan media informasi lainnya.

Pendek kata karya besar buya hamka saat ini telah mendunia meski ironisnya di negeri sendiri sudah jarang generasi muda yang mengenal sosoknya yang fenomenal.

Sikap Istiqomah yang dicontohkan buya hamka bisa menjadi inspirasi bagi kita, beliau bukan alumni perguruan tinggi manapun namun banyak sekali kalangan yang menuliskan di depan namanya gelar atau title Prof Dr, siapa yang bakal menyangka jika seorang yang pada awalnya belajar secara otodidak belakangan justru banyak di berikan gelar doctor honoris causa oleh banyak universitas terkemuka.

Karya – karya buya hamka terutama di bidang sastra memang telah melambungkan nama bangsa, mengharumkan nusantara hingga ke manca negara.

Simaklah petikan puisi yang dituliskannya secara khusus untuk Pak Natsir, Puisi yang ditulis Buya Hamka pada tanggal 13 November 1957 setelah mendengar uraian Pidato Natsir yang dengan tegas menawarkan kepada Sidang Konstituante agar menjadikan Islam sebagai dasar negara RI.

Kepada Saudaraku M. Natsir
Meskipun bersilang keris di leher
Berkilat pedang di hadapan matamu
Namun yang benar kau sebut juga benar
Cita Muhammad biarlah lahir
Bongkar apinya sampai bertemu
Hidangkan di atas persada nusa

Jibril berdiri sebelah kananmu
Mikail berdiri sebelah kiri
Lindungan Ilahi memberimu tenaga
Suka dan duka kita hadapi
Suaramu wahai Natsir, suara kaum-mu
Kemana lagi, Natsir kemana kita lagi
Ini berjuta kawan sepaham
Hidup dan mati bersama-sama
Untuk menuntut Ridha Ilahi
Dan aku pun masukkan
Dalam daftarmu …….!

Jalan Istiqomah yang dilalui dalam setiap jejak pergerakan dan perjuangan buya hamka untuk memajukan kaumnya merupakan rintisan yang seharusnya bisa diteruskan dari generasi ke genarasi. Benarkah ?!?!

Sumber : http://id.Wikipedia.org , http://gaffasjr.blog.com/

Dukung dan Sukseskan Pertamina Blog Contes 2009 : Kerja Keras Adalah Energi Kita

15 Tanggapan

  1. Pak hamka ok juga ternyata bikin puisi
    kirain hanya nulis tafsir doang

  2. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Subhanallah, Allahu Akbar 3x
    Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt karena berkat izin Nya sehingga adanya blog ini yang niscaya memberikan informasi pencerahan buat generasi muda Islam.
    Dari kisah Buya Hamka dapat kita petik contoh tauladan dari sikap istiqamah beliau untuk memperjuangkan syaria’at islam di negara yang kita cintai ini. Semestinyalah saya maupun generasi muda muslim lainnya meneruskan perjuangan beliau. Sudah sepantasnya kita mengoreksi diri masing-masing tentang sudah sejauh manakah upaya kita yang betul-betul murni untuk memperjuangkan penegakan syari’at Islam. Ataukah mungkin sampai saat ini yang kita perjuangkan masih hanya setakat kepentingan politik pribadi dan sebagian golongan saja. Sedangkan praktik tingkah laku yang kita buat jauh dari cerminan seorang muslim. Na’uzubillah jika memang itulah diri kita maka sepantasnyalah kita malu terhadap pejuang pendahulu kita seperti Buya Hamka, M. Natsir dan yang lain-lain sehingga sebaiknya cepatlah kita beristigfar mohon ampunan Allah swt agar perjuangan kita kedepan dapat diredhai Nya. Amin.

    • amin ya’rob,hanya kuasa dan ridhonya kami harapkan,semoga ummat nabi muhamad s.a.w,diberikan keimanan,khusus umatmu HAMKA,DIAMPUNI SEGALA DOSANYA UMUMNYA PARA PEJUANG KEBENARAN DAN KEJUJURAN DEMI BANGSA DAN NEGARA INI,YA ROB BERILAH TAUFIQ HIDAYAT KEPADA PEMIMPIN RAKYATYANG TELAH BERBUAT DOSA DAN MAKSIAT,KORUPTOR,LINTAH DARATDAN SBGNYA,SEANDAINYA YA ROB’KAU BERI LAKNAT KPD PEMIMPIN RAKYAT DAN WKL RAKYATYANG TLH MENINGKARI JANJINYA PERCEPATLAH BERI AZAB,RAKYAT SDH LAMA MENDERITA,

  3. Assalamualikum wr wb slam kebangkitan islam…sudah saatnya islam diterapkan secara keseluruhan dalam aspek kehidupan http://canaprasetya.wordpress.com/ YM: cana_chalipate

  4. […] Buya Prof Dr HAMKA: Ulama Pejuang, Politisi Sejati dan Pujangga Terkemuka […]

  5. Alhamdulillah e-book buya hamka telah saya download dan puas dengan isinya yang mantap.

    Usul bang bagaimana jika dibuat ebook satu lagi yang isinya lebih banyak pada koleksi foto dan karya-karya buya.

    oke, aji tunggu info selanjutnya..

  6. Assalamualaikum Wr.Wb

    Insya Allah Partai Bulan Bintang akan bisa melahirkan Hamka Hamka baru yang berjuang Lillahi taala menegakkan Syariat Islam, walaupun harus mundur dari jabatan dunia.
    Wassalam

  7. Assalamu’alaikum ….

    Kalau PBB ingin mengharapkan lahirnya HAMKA-HAMKA yang baru, saya bisa katakan bahwa DI SUMUT insya allah TIDAK AKAN ADA HAMKA-HAMKA baru. Karena sampai saat ini, prilaku kader dan pengurus DPW PBB SUMUT masih belum menunjukkan sikap-sikap yang ISLAMI.

    Apalagi DPP PBB yang sepertinya ACUH TAK ACUH dengan DPW-DPW.
    Buktikan di PBB ini bahwa PETINGGI PBB benar-benar ingin MENEGAKKAN SYARIAT. Coba jadikan Partai ini sebagai landasan dan titik ukur positif bagi kemajuan partai ke depan. JANGAN CUMA BISA NGOMONG DI TV, TAPI PBB SENDIRI BELUM ISLAMI ……

    MALU LAH, KARENA SIKAP MALU ITU SEBAGIAN DARI IMAN….

    Wassalamu’alaikum ….
    PS
    SUMUT

  8. Hamka Seorang Ulama yang
    disegani kawan maupun Musuhnya…
    muncul ulama baru AA gym.. yang memang belum bisa di bandingkan..
    malah dibunuh karakternya dari awall
    umaaat umaaat…
    Salamualaikum+
    Rental Projector
    Rental Komputer

    • ASKUM,KALAU HAMKA DISAMAKAN DGN AA GYM SNGAT JAUH.IBARATKAN BUMI DAN LAGIT.CNTH;BUYA HAMKA BERANI MASUK PENJARA DEMI PENEGAKAN ISLAM,KL AAGYM DAKWAH CARI UANG,JD BUKAN PEJUANG ISLAM KL MSH DUNIA YANG DICARI..

  9. assalammualaikum. salam kenal bos. :)

  10. assalamualaikum wr.wb
    Prof.Dr Hamka adalah Ulama pejuang,Politisi sejati,Pujangga Terkemuka pantas kita contoh karena sikap yang istiqomah yang dipunyai Buya Hamka

    • BENER NENG’TP KL MAU ISTIQOMAH HKM ISLAM DAN SYARIATNYA DAN SUNNAHNYA DI JLNKAN.SPRT;HRS TTP AURAT,PAKE JILBAB,KRNA DLM SRT AN-NISA UDH DI JLSKAN UTK KAUM PEREMPUAN.MA;AP YA NENG KL TERSINGGUNG

  11. Kau harapan islam
    Kesederhanaanmu mengecap kebahagiaan dunia
    Kau ulama’ teragung
    Ketaqwaan dirimu
    Itu yang merantai jiwa ummah

    PERIBADI HAMKA

    Ku ukir rasa kagumku dengan adaptasi sebuah penulisan. Biarpun gambar ketika makan, tiadalah yang dapat ku gambarkan bagaimana kesederhanaanmu meruntun pelbagai jiwa. Biarpun tidak mengenalimu sebagai seorang pemimpin, tetapi dengan hanya melihat dari sudut sebagai seorang manusia, auramu sudah cukup untuk dikagumi.

    Mengapa saat melihat wajahmu bagai ada ‘nur’ terpancar di sebalik kedut-kedut tua?
    Mengapa ramai orang suka menatap gambarmu apatah lagi mengumpulnya sebagai koleksi peribadi?
    Mengapa menatap gambarmu begitu mengasyikkan? Terlalu bermakna untuk dihayati.
    Mengapa keperibadianmu tiada tolok bandingnya?
    Mengapa kesederhanaamu digilai rakyat marhaen?
    Mengapa manusia suka menjadikan dirimu sebagai idola mereka? Dari sejak kecil?
    Mengapa dirimu menjadi bualan masyarakat dunia? Dihormati oleh pelbagai kaum dan agama?

    Jasadmu sentiasa dikenali sebagai seorang Ulama Besar yang paling zuhud dan warak. Pada hampir setiap masa, di mana-mana saja, kopiah/pici dan serban tidak pernah ditanggal.

    Pemimpin yang tahu amanah Allah padanya, tidak sibuk menghimpun harta. Malah lebih mudah menyelami kesusahan hati rakyat. Begitulah kerendahan hati HAMKA menjaga kebajikan umat persis Khalifah Umar Al Khattab.

    Cukup terasa apabila rumahmu hanyalah sebuah rumah kampung biasa seperti yang dimiliki oleh rakyat kebanyakan. Rumah yang tidak berpagar sama sekali dan tiada pengawal keselamatan yang diupah untuk menjaga.

    Cukup terpikat dengan kezuhudan yang hadir membasahi bumi serambi Mekah. Al Azhar bangun bukan bersifat materialistik duniawi tetapi dengan bertunjangkan rohani dalam payungan keberkatan dan keredhaan Allah.

    Biar! Biar rakyat miskin harta jangan sekali-sekali miskin ilmu. Biar rakyat kaya amal soleh. Umpama bintang-bintang di langit, kehidupanmu diteladani buat ikutan umat. Susah untuk mencari pemimpin zuhud di fatamorgana ini, semoga HAMKA guru kesayangan dunia diberi tempat yang baik.

    Mari teman! Jalankan amanah kita. Begitu pentingnya memilih pemimpin yang adil, bersih dan amanah apabila di”highlight”kan yang pertama sekali daripada 7 golongan yang akan diberi perlindungan Allah kelak di dalam Hadis Muttafaq’alaih.

    Sabda Baginda SAW : “Tujuh golongan yang Allah berikan lindungan kepada mereka pada hari yang tiada lindungan melainkan lindungan Allah ; pemerintah yang adil, pemuda yang membesar dalam keadaan beribadah kepada Allah…

    Kenapa pertama sekali facebooker? Penting sangatkah?

    Dr Mustafa Said al Khin dalam kitab Nuzhah al Muttaqin menjelaskan sebab di dahulukan pemerintah yang adil daripada selainnya ialah kerana banyak kebaikan yang berkaitan dengannya.

    Menjadi tanggungjawab asas kepada setiap pemimpin memastikan keadilan ditegak dan dipelihara kerana ia akan memastikan banyak kebaikan dapat dinikmati masyarakat. Banyak sabda baginda menyuruh pemimpin bersifat adil. Nabi SAW bersabda yang bermaksud :

    “Ahli syurga itu ada tiga golongan: pemimpin yang adil serta mendapat taufik, lelaki penyayang dan lembut hatinya terhadap kaum kerabatnya dan orang Islam, dan orang tidak kaya yang mempunyai tanggungan banyak tetapi menjaga kehormatan diri dengan tidak meminta-minta.” – (Hadis riwayat Muslim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: