DUA UNIVERSITAS TERBUKA, AL AZHAR DAN ULUL ALBAAB

al_azhar_dan_ulul_albaab.jpg 

Universitas Terbuka di SMADA

Al Azhar adalah Sebuah tempat belajar di SMA 2, sebuah SMA Favorit di Lumajang, sebagai bagian dari anak desa yang bersekolah di kota saya dan teman – teman larut dalam dinamika darah muda yang berproses mencari identitas yang kemudian justru terkepung dalam kompetisi prestasi dengan teman – teman kota yang berada secara materi.

Terperangkap dalam idealisme prestasi menjadikan terforsirnya waktu hanya untuk belajar secara fokus menjawab tantangan untuk membalikkan kenyataan sebagai anak desa yang berprestasi kota, sementara saat itu al azhar hampir selesai pembangunannya sehingga muncullah kebutuhan untuk meramaikan al azhar dengan kegiatan, disanalah selanjutnya kami mulai akrab bersentuhan dengan aktivitas diluar sekolah, singkatnya al azhar adalah tempat pertama untuk mengenal organisasi secara utuh.

Suatu ketika saya dan rekan – rekan al azhar  pernah memburu para jilbaber yang masih langka saat itu untuk di kumpulkan di depan musholla dan di foto, dan foto para jilbaber SMA 2 dari berbagai kelas itu dipublikasikan di media tempel mading dengan dibumbui tulisan “Ternyata Berjilbab itu Indah” , terlepas dari ada tidaknya dampak publikasi tempel jilbaber itu yang jelas pada periode – periode angkatan selanjutnya jumlah siswi berjilbab meningkat cukup signifikan, selain itu beberapa kegiatan penting berhasil terlaksana dengan sukses seperti Kajian Rutin, Pekan Al Azhar Fair hingga Bakti Sosial ke Ranu Pane.

Berawal sebagai junior saya banyak belajar kepada para senior di Al Azhar bahkan sekalipun mereka telah lulus kerapkali  mereka datang pada saat liburan untuk berbagi pengalaman serta mengarahkan kami. Pada gilirannya kamipun demikian menjadi senior dan membekali  para junior, menjaga siklus (junior – senior – junior) agar terus berlanjut dari generasi ke generasi. Walhasil Al Azhar dengan Remusnya telah menjadi kegiatan alternatif ekstra kulikuler di SMA Negeri 2 Lumajang.

Kini al azhar telah rata dengan tanah berganti dengan bangunan megah Sekolah Unggulan Terpadu (SUT). Tinggallah tersisa cerita, catatan dan kenangan dengan kata lain al azhar telah dimuseumkan sebelum saatnya pada usia yang masih sangat belia. Jadi Bukan hanya Habiburrahman El Saerozi, sang penulis Novel Ayat – Ayat Cinta itu yang Alumnus Al Azhar, betul kan ?!?!…

Ulul Albaab di Kampus Polinema (Politeknik Negeri Malang)

Di Kampus Polieknik Unibraw Malang terdapat Musholla Ulul Albaab yang tidak sekedar tempat sholat, Musholla mungil itu menyimpan banyak catatan khususnya bagi geliat aktivitas spiritual. Ulul Albaab mengalami rentetan demi rentetan dinamika yang panjang mulai dari  menjadi pelabuhan rohani bagi semua insan muslim dan muslimah di kampus poltek, mengerasnya perbedaan corak spiritual hingga hadirnya tarikan – tarikan kepentingan dari berbagai elemen baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Betapapun dinamika yang terjadi, Ulul Albaab laksana gua hira dan oase yang mampu mengurai kegersangan menjadi kesejukan ditengah perjalanan yang sesungguhnya panjang, penuh liku, melelahkan sekaligus mengasyikkan. 

Sebagai alumni Latihan Kepemimpinan Muslim (LKM VII) dan dipercaya menjadi Ketua Panitia Pelaksana Latihan Kepemimpinan Muslim (LKM VIII) maka periode 1995 – 1996 saya di’titipi’ amanat sebagai Ketua Bidang Ekstern yang membawai tiga departemen yakni FSPI (Forum Silaturrahmi dan Pengkajian Islam), Departemen Alumni dan Departemen Penerbitan. FSPI menjadi jembatan untuk berinteraksi dan berjaringan dengan organisasi, lembaga, institusi atau perorangan di luar MUA, FSPI meng-agendakan berbagai kegiatan penting seperti silaturrahmi dengan jajaran takmir dosen, Bakti Sosial dan Bersama – sama dengan Sie Kerohanian Islam Senat Mahasiswa menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan seperti Ramadhan In Campuss (RIC), Safari Qurban dan Mentoring bagi Mahasiswa Baru. 

Departemen Alumni bertugas mendata dan membuat Biodata Alumni serta meng-agendakan Forum Silaturrahmi dan Pelepasan Alumni (FSPA), sementara Departemen Penerbitan menerbitkan Buletin Al Fath sebagai media informasi cetak yang diterbitkan secara berkala.

Buletin Al Fath menjawab kebutuhan media

Catatan paling menarik adalah keterlibatan dalam proses transisi dari buletin tambal sulam “ulul albaab” menjadi buletin Al Fath untuk menjawab kebutuhan media dakwah dan menghadirkannya secara berkala ditengah padatnya aktivitas kuliah.

Menjadi Pimpinan Umum Al Fath pada periode – periode awal menjadi inspirasi untuk selanjutnya mengembangkan media – media lain baik cetak maupun online sebagai bentuk kontribusi kepada proses belajar yang tidak boleh terhenti.

Eksistesi Ulul Albaab yang menguat dan melemah dalam dinamika kehidupan spiritual di kampus menjadi bukti betapa Ulul Albaab dengan Badan Ketakmiran, dengan Badan Otonomi Muslimah (BOM) maupun Badan Otonomi Perpustakaaan (BOP) merupakan ‘tempat belajar’ , merupakan sebuah ‘warna’ yang tidak bisa dihapuskan begitu saja bagi siapapun yang merasa menjadi bagian komunitas insan muslim di kampus tercinta Politeknik Unibraw Malang.

Kini Politeknik Unibraw Malang telah  resmi berganti nama menjadi Politeknik Negeri Malang (Polinema) dari Kampus di Jl. Veteran pindah secara bertahap di Jl. Soekarno – Hatta,  Sebagai seorang Alumni seperti Alumni Poltek yang lain kami hanya bisa menatap dari jauh seraya membayangkan bagaimanakah nasib Ulul Albaab selanjutnya …?!!?

Dua Universitas Terbuka yang bernasib samaAl Azhar dan Ulul Albaab ternyata mempunyai banyak kesamaan, dua – duanya sama – sama musholla, sama – sama  yang jadi tempat belajar, keduanya juga akhirnya bernasib sama yakni sebagai pelabuhan rohani yang tergusur oleh sebuah proyek mercusuar yang mengatasnamakan hak kemajuan bagi dunia kependidikan.

Al Azhar tergusur oleh Mega Proyek Sekolah Unggulan Terpadu (SUT), sementara Ulul Albaab tergusur oleh sebuah Gagasan Kemandirian. Semoga saja Keduanya dengan fungsinya yang “vital” bisa bangkit kembali di tempat dan iklim yang baru. Amien Ya Rabbal Alamiin

(Catatan Seorang Alumni oleh Badrut Tamam Gaffas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: